Filsafat Pendidikan Kristen bersumber dari Firman Tuhan dan dipertegas oleh ajaran-ajaran Rasul Paulus dalam Alkitab, Agustinus, Thomas Aquinas, serta tokoh-tokoh reformasi seperti John Calvin dan tokoh kristen lainnya. Berikut tokoh-tokoh yang penting dalam pendidikan Agama Kristen Part 3.
1. Frank Elly Gaebelein (1899 – 1984)
![]() |
google.com |
Frank Elly Gaebelein adalah seorang penginjil Amerika, pendidik, dan penulis. Gaebelein adalah kepala sekolah dan juga pendiri Sekolah Stony Brook di Long Island, New York. Ia telah menulis lebih dari dua puluh buku pendidikan Kristen yang sering ditunjuk dalam pemahaman filsafat dan praksis pendidikan Kristen. Fokus pengajarannya adalah pendidikan harus memiliki kualitas formal yang baik, dan keunggulan akademik di bawah otoritas Alkitab.
2. Lois E. LeBar (1907 – 1998)
Lois E. LeBar adalah profesor pendidikan Kristen di Wheaton College dari 1945 – 1975. LeBar dikenal sebagai seorang pendidik yang tegas, khususnya dalam filosofi pendidikan Kristen dan desain kurikulum. LeBar paling dikenal untuk karya tulisnya Education that is Christian yang ditulis pada 1958, sebuah buku filsafat dan pelayanan pendidikan yang menekankan pengajaran, pembelajaran, dan pengembangan kurikulum. Fokus pengajarannya adalah spirit Kristen dalam pendidikan formal dapat membangun dari guru Kristen yang inspiratif. Pengajaran pendidikan Kristen harus peka akan kebutuhan murid-muridnya.
3. Lawrence O. Richards (1931 - 2016)
![]() |
goodreads.com |
Lawrence O. Richards adalah penulis pendidikan Kristen paling produktif dan menonjol di kalangan Kristen injili pada paruh terakhir abad kedua puluh. Ia telah menulis banyak karya besar dalam pelayanan pendidikan Kristen, pembaruan gereja, pelayanan pendidikan Anak (metode Hook-Book-Look-Took), pelayanan pemuda, kepemimpinan Kristen, pelayanan kaum awam, kelompok kecil, spiritualitas, dan pengajaran Alkitab.
4. Alvin Carl Plantinga (b. 1952)
Alvin Carl Plantinga adalah seorang filsuf analitis Amerika, profesor filsafat Emeritus John A. O’Brien di University of Notre Dame dan Ketua jurusan Filsafat di Calvin College. Plantinga secara luas dikenal untuk karyanya dalam filsafat apologetika agama, epistemologi, metafisika, dan Kristen. Ia penulis banyak buku, temasuk God and Other minds (1967), The Nature of Necessity (1974), dan serial “surat perintah” dalam Warranted Christian Belief (2000).
5. Gene A Getz (b. 1932)
![]() |
clydehurst.com |
Gene A Getz adalah profesor seminari, penulis, dan
pendeta yang berhasil mengintegrasikan filsafat Kristen dan pembaruan dalam
pengaturan gereja lokal. Getz dikenal karena karya tulisnya, Sharpening the
Focus of the Church yang diterbitkan pada 1974. Getz adalah penulis yang
produktif dan banyak bukunya yang berfokus kepada pengembangan pemimpin gereja
lokal dan kepemimpinan berkarakter Kristen. Fokus pengajarannya menyatakan
bahwa pendidikan harus mengembangkan iman gereja lokal (baik formal maupun
nonformal), penginjilan, dan peneguhan yang kuat dalam pengajaran Kristen.
6. Harro von Brummelen
![]() |
lenecrologue.com |
Ia adalah ahli Kurikulum pendidikan Kristen dan
profesor Trinity Western University, Canada. Brummelen mengimplementasikan
kurikulum pendidikan Kristen dan pengembangan program terutama kurikulum
pendidikan Kristen, termasuk dinamika perkembangan dan kepemimpinan pendidikan
untuk perubahan, agama, spiritualitas, dan nilai-nilai di sekolah. Karya utamanya
:Walking with God in the Classroom, Christian Approaches to Learning
and Teaching, and Stepping Stones Curriculum.
Referensi :
Khoe Yao Tung, Filsafat Pendidikan Kristen, (2017, Yogyakarta : Penerbit Andi), Hlm. 278 - 280